PT.Mustika
Ratu tergolong dalam jenis perusahaan manufaktur karena Mustika Ratu mengolah
bahan-bahan mentah dan alami menjadi sebuah produk yaitu produk kecantikan berupa produk jamu
dan kosmetika tradisional yang kemudian dijual dan dipasarkan dalam negeri maupun pasar
internasional. Mustika Ratu juga termasuk dalam bentuk perusahaan Perseroan
Terbatas. Mengapa demikian? Karena di
Mustika Ratu terdapat dewan direksi dan dewan komisaris yang bertugas
mengelola perusahaan sesuai dengan tanggung jawab dan fungsinya.
Untuk masalah
permodalan PT.Mustika Ratu berasal dari
para investor yang menanamkan modal di Mustika Ratu. Dan pada tahun 1995
Mustika Ratu mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta untuk lebih memperkuat
strukur permodalan dan mewujudkan visi misinya.
Evaluasi
keberhasilan Mustika Ratu dari segi penjualan menurut laporan keuangan per 30 september 2013 triwulan III mencatat laba
bersih perusahaan sebesar 10.634.675.801 lebih kecil dibandingkan dengan tahun
sebelumnya sebesar 15.220.511.305 sehingga laba bersih per lembar saham pada tahun
2013 sebesar 25(dalam rupiah penuh) lebih kecil daripada tahun 2012 sebesar
26(dalam rupiah penuh).
Selain
evaluasi dari segi penjualan Mustika Ratu juga mengevaluasi dari segi kepuasaan
pelanggan. PT.Mustika Ratu mulai menerapkan
standar internasional ISO 9002 tentang Sistem Manajemen Mutu serta ISO 14001
tentang Sistem Manajemen Lingkungan sejak tahun 1996 untuk mendukung kinerja
perusahaan .Hal ini terbukti dengan seringnya Mustika Ratu memperoleh
penghargaan dari berbagai pihak yang terkait baik dari dalam negeri maupun
internasional sehubungan dengan produk yang dipasarkan oleh Mustika Ratu yang
diminati oleh para konsumen. Sebagai salah satu contohnya yaitu Penghargaan "Bazaar Beauty Awards 2011 - Acknowledgment
2011" Lulur Kocok Mustika Ratu sebagai One Of The Best
Five Readers Choice BODY SCRUB, dari Harpers Bazaar Indonesia.
Peranan Mustika Ratu di
berbagai keadaan persaingan
yang semakin bebas, tetap pada visinya yaitu menjadikan warisan tradisi keluarga
leluhur sebagai basis industri perawatan kesehatan/kebugaran dan kecantikan/ penampilan
paripurna (holistic wellness) melalui proses modernisasi teknologi berkelanjutan,
namun secara hakiki tetap mengandalkan tumbuh-tumbuhan yang berasal dari alam.Mustika
Ratu terus berupaya agar tetap dapat bertahan di nageri sendiri dengan
seiringnya produk asing yang masuk ke dalam negeri.
Kesimpulan
:
Mustika
Ratu merupakan salah satu brand kecantikan yang mengambil bahan utama produknya
berasal dari alam Indonesia yang sukses mempertahankan eksistensinya di pasar
dalam negeri maupun pasar internasional sejak tahun 1975 hingga saat ini, itu
dikarenakan usaha yang cukup keras oleh pendirinya.Meskipun pada tahun 2013
Mustika Ratu mengalami penurunan Laba Bersih dan penurunan permintaan akibat
keadaan ekonomi tetapi Mustika Ratu akan tetap berusaha menjaga kepercayaan
para konsumen setianya.
Sumber :
Buku
Koding-GANESHA OPERATION
Tidak ada komentar:
Posting Komentar