Minggu, 29 Desember 2013

Kosmetik Tradisonal Kualitas Internasional


PT.Mustika Ratu tergolong dalam jenis perusahaan manufaktur karena Mustika Ratu mengolah bahan-bahan mentah dan alami menjadi sebuah produk yaitu produk kecantikan  berupa produk jamu dan kosmetika tradisional yang kemudian dijual dan  dipasarkan dalam negeri maupun pasar internasional. Mustika Ratu juga termasuk dalam bentuk perusahaan Perseroan Terbatas. Mengapa demikian? Karena di  Mustika Ratu terdapat dewan direksi dan dewan komisaris yang bertugas mengelola perusahaan sesuai dengan tanggung jawab dan fungsinya.
 Untuk masalah permodalan  PT.Mustika Ratu berasal dari para investor yang menanamkan modal di Mustika Ratu. Dan pada tahun 1995 Mustika Ratu mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta untuk lebih memperkuat strukur permodalan dan mewujudkan visi misinya.
Evaluasi keberhasilan Mustika Ratu dari segi penjualan menurut laporan keuangan per  30 september 2013 triwulan III mencatat laba bersih perusahaan sebesar 10.634.675.801 lebih kecil dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar 15.220.511.305 sehingga laba bersih per lembar saham pada tahun 2013 sebesar 25(dalam rupiah penuh) lebih kecil daripada tahun 2012 sebesar 26(dalam rupiah penuh).
Selain evaluasi dari segi penjualan Mustika Ratu juga mengevaluasi dari segi kepuasaan pelanggan. PT.Mustika Ratu mulai menerapkan standar internasional ISO 9002 tentang Sistem Manajemen Mutu serta ISO 14001 tentang Sistem Manajemen Lingkungan sejak tahun 1996 untuk mendukung kinerja perusahaan .Hal ini terbukti dengan seringnya Mustika Ratu memperoleh penghargaan dari berbagai pihak yang terkait baik dari dalam negeri maupun internasional sehubungan dengan produk yang dipasarkan oleh Mustika Ratu yang diminati oleh para konsumen. Sebagai salah satu contohnya yaitu Penghargaan "Bazaar Beauty Awards 2011 - Acknowledgment 2011" Lulur Kocok Mustika Ratu sebagai One Of The Best Five Readers Choice BODY SCRUB, dari Harpers Bazaar Indonesia.
            Peranan Mustika Ratu di berbagai keadaan persaingan yang semakin bebas, tetap pada visinya  yaitu menjadikan warisan tradisi keluarga leluhur sebagai basis industri perawatan kesehatan/kebugaran dan kecantikan/ penampilan paripurna (holistic wellness) melalui proses modernisasi teknologi berkelanjutan, namun secara hakiki tetap mengandalkan tumbuh-tumbuhan yang berasal dari alam.Mustika Ratu terus berupaya agar tetap dapat bertahan di nageri sendiri dengan seiringnya produk asing yang masuk ke dalam negeri.


Kesimpulan :
Mustika Ratu merupakan salah satu brand kecantikan yang mengambil bahan utama produknya berasal dari alam Indonesia yang sukses mempertahankan eksistensinya di pasar dalam negeri maupun pasar internasional sejak tahun 1975 hingga saat ini, itu dikarenakan usaha yang cukup keras oleh pendirinya.Meskipun pada tahun 2013 Mustika Ratu mengalami penurunan Laba Bersih dan penurunan permintaan akibat keadaan ekonomi tetapi Mustika Ratu akan tetap berusaha menjaga kepercayaan para konsumen setianya.     

Sumber :
Buku Koding-GANESHA OPERATION

Tidak ada komentar:

Posting Komentar