Kamis, 16 Januari 2014

Bisnis Kontrakan yang Menggiurkan


 
            I.            Lingkup Masalah
Usaha rumah kontrakan adalah jenis usaha yang menjanjikan dan sangat prosfektif untuk dijalankan,meskipun bisnis ini tergolong kedalam bisnis yang membutuhkan modal yang cukup besar. Pada umumnya rumah kontrakan dicari oleh masyarakat relatif sering, dengan semakin meningkatnya populasi penduduk di Indonesia . Sebaiknya disaat kita akan memulai bisnis ini kita juga harus memperhatikan lokasi tempat dimana  akan membangun rumah kontrakan tersebut,pilihlah lokasi yang strategis misalkan dekat dengan kawasan industri,perkantoran,kawasan penduduk. Biasanya ditempat seperti itu rumah kontrakan yang akan kita bangun akan lebih mudah diisi. Usaha rumah kontrakan dapat dilakukan dengan manajemen sederhana, pemilik dari rumah kontrakan hanya tinggal menghitung pendapatnya dari berapa banyak jumlah rumah kontrakan yang ia miliki,tetapi itu tergantung apakah rumah kontrakan tersebut dengan harga yang ditetapkan telah beserta biaya listrik dan air atau tidak. Jika tidak berarti jumlah rumah kontrakan dimiliki adalah pendapatan bersihnya, tetapi apabila besrta biaya listrik dan air maka pendapatan dari jumlah rumah kontrakan yang dimiliki dikurangi dengan biaya listrik dan air setiap bulan yang harus dibayar oleh pemilik rumah kontrakan.

         II.            Tinjauan Pustaka
Alasan mengapa bisnis kontrakan adalah jenis usaha yang menjanjikan diperkuat dengan adanya data mengenai jumlah penduduk di Indonesia yang semakin meningkat. Ditambah dengan penduduk miskin yang semakin meningkat jumlahnya baik didaerah perkotaan maupun pedesaan. Data dari Badan Pusat Statistik penduduk miskin di Indonesia pada bulan September 2013 mencapai 28,55 juta jiwa atau 11.47%  bertambah sebanyak 0.48 juta orang dibandingkan dengan penduduk miskin pada bulan Maret 2013 yang sebanyak 28,07 juta jiwa atau 11,37%. Maka dengan alasan ini bukan tidak mungkin banyak orang yang akan mencari rumah kontrakan untuk tempat berlindung dengan penghasilan yang pas-pasan.
Alasan lainnya yaitu bahwa banyak pengusaha rumah kontrakan yang telah berhasil dan bertahan cukup lama dengan usahanya tersebut. Saya telah mewawancarai salah satu pengusaha kontrakan yang sudah cukup bertahan lama dibidang ini yang adalah merupakan orangtua kandung saya. Saya menanyakan mengapa beliau memilih jenis usaha rumah kontrakan? Jawab beliau “sebab usaha rumah kontrakan tidak membutuhkan keahlian khusus,menguntungkan dan mudah untuk dijalankan.” Lalu saya menanyakan kembali kepada beliau berapa modal awal yang dibutuhkan?  “waktu itu saya memerlukan modal sebesar 100juta untuk membangun 4buah kontrakan, mungkin untuk sekarang ini memerlukan 2kali lipat sebab barang bangunan,tanah dan tukang sudah serba mahal.”  Saya menanyakan untuk hal balik modal itu memerlukan berapa lama? “ya kiranya 10tahun. Memang lama tapi usaha ini tidak ada matinya karena selalu ada saja yang mencari kontrakan dikarena seiring banyaknya berdiri bangunan pabrik.”
Maka semakin kuat saja alasan untuk memulai bisnis rumah kontrakan dengan adanya fakta-fakta tersebut.

      III.            Kesimpulan
Setelah saya melihat serta membaca fakta dan alasan mengapa usaha rumah kontrakan sangat menjanjikan dimasa depan  maka saya berniat memulai usaha rumah kontrakan. Saya merancang usaha kontrakan yang akan saya bangun ditanah yang saya miliki dengan perhitungan pengeluaran harus lebih kecil daripada pemasukan yang akan saya peroleh nanti.
Analisis keuangannya sebagai berikut :

1.      Modal Usaha
Modal usaha yang telah disetor sebesar   Rp.400.000.000 (Empat Ratus  Juta Rupiah) dengan rincian sebagai berikut :
Tanah seluas 250m2 sebesar Rp.250.000.000  dan Modal sendiri sebesar Rp.150.000.000   sehingga apabila ditotal sebesar Rp. 400.000.000.

2.      Pemasaran
-       Produk dan segmentasi pasar berupa menyewakan atau mengontrakan tempat tinggal dengan luas bangunan 24m2
-         Sedangkan segmentasinya berupa karyawan yang bekerja serta pasangan suami istri yang  menikah.
-          Permintaan rumah kontrakan tidak dibatasi,ini terbukti dengan sejumlah rumah kontrakan dilokasi yang sama selalu penuh.
-          Untuk peluang usaha ini diperkirakan akan sangat tinggi permintaannya mengingat akan semakin banyak pabrik-pabrik yang akan ada.
-          Untuk masalah harga :
                       @1kontrakan (tiga ruangan terdiri dari ruang tamu,kamar,dapur serta kamar mandi) dipatok dengan harga Rp.500.000 belum termasuk dengan biaya listrik dan air. Biaya listrik dan air dibayar oleh penghuni kontrakan.Jadi penghasilan yang didapat @4kontrakan x Rp.500.000 = Rp.2.000.000/bulan.
3.      Lokasi dan Teknis
-          Lokasi usaha ini sangat strategis karena dekat dengan pabrik-pabrik.
-          Luas tanah terdiri dari 250m2 luas bangunan terdiri :
              @1kontrakan luasnya terdiri dari (6x4) m2 = 24 m2 .Jadi apabila akan membangun sebanyak 4buah kontrakan luas bangunannya seluas @4kontrakan x 24m2 = 96 m2 .
-          Biaya pembangunan dikalkulasikan sebagai berikut :
                     Tanah seluas 250 mx Rp.1.000.000/m= Rp.250.000.000 dan bangunan seluas    96 m 2 x Rp.1.500.000/m2  = Rp.144.000.000 dan apabila ditotal menjadi Rp.394.000.000.
4.      Proyeksi keuangan
               Total biaya yang dikeluarkan untuk membangun kontrakan sebesar Rp.394.000.000, rinciannya sebagai berikut :
                       Tanah  250 mx Rp.1.000.000/m2  = Rp.250.000.000 dan bangunan 96 m 2 x  Rp.1.500.000/m2 = Rp.144.000.000 dan dijumlah menjadi sebesar  Rp.394.000.000.
5.      Proyeksi laba/rugi
Pada tahun pertama akan memperoleh keuntungan sebesar Rp.24.000.000, dan kemungkinan akan memperoleh modal kembali pada tahun ke-17.
Setelah saya mengetahui berapa besarnya modal yang saya perlukan,saya hanya tinggal memulai bisnis tersebut. Memang setelah dilihat-lihat bisnis ini untuk kembali modalnya sangat lama,tetapi keuntungannya dapat kita rasakan setiap bulannya.Bisnis ini tidak akan surut pangsa pasarnya karena memang seiring dengan berkembangnya industri di Indonesia .



Sumber :
Ibu Mulyanah

4 komentar:

  1. waah detail sekali ya, sangat menggiurkan nih jadinya saya sangat tergiur akan usaha kost, semoga aja bisa mengikuti bloger disini, oiya selain itu saya juga sering baca-baca berita dan refrensi menarik di peluangproperti.com looh

    BalasHapus
  2. trimakasih buat infonya,,
    sangat bermanfaat,,
    dan bisa jadi pedoman,,
    mantap,,.

    BalasHapus
  3. kayaknya bagi yang punya lahan nganggur saja,tinggal mikirin biaya bangunnya saja,jadi BEP gak terlalu lama..

    BalasHapus