Kamis, 22 Januari 2015

TUGAS 6 BAHASA INDONESIA 2



Sistem Akuntansi di Indonesia

Sistem adalah suatu kesatuan (entity) yang terdiri dari bagian-bagian(disebut subsistem) yang saling berkaitan dengan tujuan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.2)  Sistem akuntansi yaitu  formulir-formulir, catatan-catatan, prosedur-prosedur, dan alat-alat yang digunakan untuk mengolah data mengenai usaha suatu kesatuan ekonomis dengan tujuan untuk menghasilkan umpan balik dalam bentuk laporan-laporan yang diperlukan oleh manajemen untuk mengawasi usahanya, dan bagi pihak-pihak lain yang berkepentingan seperti pemegang saham, kreditur, dan lembaga-lembaga pemerintahan untuk menilai hasil operasi.3) Di Indonesia sendiri akuntansi memiliki standar sendiri yaitu Standar Akuntansi Keuangan. SAK ini disahkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia. SAK yaitu aturan-aturan yang mengatur tentang perlakuan akuntansi. Dalam SAK ini terdapat konsep-konsep dan metode-metode akuntansi yang akan diuraikan.
Tujuan standar akuntansi keuangan adalah menetapkan dasar-dasar bagi penyajian laporan keuangan untuk tujuan umum (general purpose financial statments) agar dapat dibandingkan dengan laporan keuangan tahun sebelumnya. Tujuan utama pelaporan laporan keuangan adalah memberikan pertimbangan bagi penanam modal untuk membuat keputusan dan peminjam. Dan keputusan tersebut dapat digunakan oleh pemakai sebagai informasi yang relevan, dapat dibandingkan, dan dapat diandalkan. Untuk memenuhi tujuan tersebut  ada beberapa hal yang harus diketahui yakni mengenai konsep entitas, prinsip keandalan, prinsip biaya, konsep kesinambungan, dan konsep kesatuan moneter stabil.
Pertama, konsep entitas yaitu mengenai konsep akuntansi yang menghendaki tentang adanya pemisahan antara organisasi perusahaan dan pemilik. Kedua, prinsip keandalan mengenai dapat diandalkan atau tidaknya bukti akuntansi dalam proses pelaporan keuangan. Ketiga, prinsip biaya yang dimaksudkan disini adalah seberapa besar biaya yang harus dicatat dalam catatan akuntansi. Keempat, konsep kesinambungan yang dimaksudkan disini adalah keadaan yang normal atau umum yang dijumpai pada suatu perusahaan yang akan terus berlanjut atau tidak akan dilikuidasi. Dan kelima, konsep kesatuan moneter yaitu diasumsikan bahwa daya beli uang stabil sepanjang masa.  

2)  Dr.Zaki baridwan (dalam Steven A. Moscve, Mark G. Sinkin, 1998:4)                      
3)  Dr.Zaki baridwan (dalam Howard F. Steuler, hal 40)
   

Daftar Pustaka

Baridwan, Zaki, Dr. Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur dan Metode. Edisi 5 cetakan pertama. Yogyakarta: BPFE. (Mark G.Sinki dan Steven A.Moscove) .1999

Baridwan, Zaki, Dr. Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur dan Metode. Edisi 5 cetakan pertama. Yogyakarta: BPFE. (Howard F.Steuler).1999

Tidak ada komentar:

Posting Komentar