Senin, 25 April 2016

Forward Exchange Contract

Kelompok : Suhariana Habibah
                Talentia Kristi
Kelas         : 4EB13

Pengertian Kontrak Forward (Forward  Contract)

Definisi forwards contract adalah perjanjian antara dua pihak, salah satu pihak diwajibkan (diharuskan) menyerahkan sejumlah tertentu (contract size) dari aktiva tertentu (deliverable item) pada tanggal tertentu yang akan datang (settlement date) dan pihak lainnya wajib membayar sesuai dengan jumlah tertentu yang disebut invoice amount yang dikenakan atas aktiva pada tanggal penyerahan. Kontrak forward diimplementasikan meggunakan kurs forward (forward rate). Kontrak serah atau kontrak forward adalah merupakan bentuk dari kontrak berjangka sederhana yang diperdagangkan diluar bursa ( over the counter-OTC).
Tujuan dari kontrak adalah untuk melindungi kedua belah pihak dari fluktuasi nilai aktiva yang mungkin terjadi selama kurun waktu tertentu, yaitu sejak kontrak ditandatangani hingga penyerahan atau pembayaran dilakukan. Dan digunakan untuk mengendalikan dan meminimalkan risiko, sebagai contoh risiko perubahan nilai mata uang (contoh: kontrak forward untuk transaksi mata uang) atau transaksi komoditi (contoh: kontrak serah untuk minyak bumi).
Pelaku kontrak forward yaitu, arbitrager (melakukan transaksi dengan memanfaatkan ketidak seimbangan kurs), pedagang (untuk meraih keuntungan), hedger (bank berskala besar) dan spekulator. Satu peserta tipikal dalam kontrak forward adalah bank komersial atau investasi yang melayani peran pembuat pasar, yang dihubungi langsung oleh pelanggan (meskipun pelanggan dapat membuat perjanjian secara langsung satu sama yang lain).
Kontrak perjanjian forward yang dirancang secara individual dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik dari pengguna akhir. Harga forward berbeda dengan harga spot atau harga pada saat asset tersebut berpindah tangan (pada waktu tersebut (spot)), biasanya dua hari kerja. Jika posisi spot dan forward digabungkan, maka kita akan memperoleh posisi gabungan sebagai berikut ini. Posisi gabungan menunjukkan bahwa kerugian dari posisi spot akan dikompensasi oleh keuntungan dari posisi forward. Sebaliknya, jika posisi spot memperoleh keuntungan, posisi forward mengalami kerugian. Seluruh keuntungan atau kerugian pada kontrak forward direalisasi pada akhir berlakunya kontrak.
Forwards contract bukan investasi, melainkan perjanjian melakukan transaksi dengan harga dan tanggal tertentu di masa yang akan datang. Oleh karena itu, tidak ada pengeluaran biaya pada saat mengadakan kontrak (paling-paling pengeluaran hanya sekedar komisi kepada pialang/broker yang mempertemukan kedua belah pihak, dan tidak ada penyerahan/pertukaran uang antar kedua pihak pada saat kontrak disepakati. Jual beli terjadi pada tanggal jatuh tempo kontrak. Artinya sebelum jatuh tempo, yang terjadi hanya perjanjian bahwa salah satu pihak wajib menyerahkan sesuatu kepada pihak lain dan pihak lain harus membayar sejumlah uang atas aktiva yang diserahkan sesuai dengan persyaratan-persyaratan yang telah disepakati bersama.
Sebagai kesepakatan pribadi antara dua pihak,  forward contract diatur secara khusus untuk memenuhi kebutuhan masing-masing pihak, oleh karena itu disebut sifatnya adalahprivate (bergantung pada pribadi kedua belah pihak). Sedangkan yang namanya future contract berbeda dengan forward contract, bentuknya sudah standard (sudah dibuat baku), telah disekuritisasi dan diperdagangkan di pasar tertentu, ditengah-tengah masyarakat. Kontrak tidak dilakukan secara pribadi oleh dua pihak, tetapi dilakukan melalui bursa yang terorganisir.

Beberapa Hal yang Perlu diketahui Mengenai Kontrak Forward
Menurut Siahaan & Manurung (2006: 24), beberapa hal yang perlu diketahui mengenai forward contracts antara lain:
a)    Kesepakatan membeli atau menjual aktiva tertentu pada tanggal tertentu di harga yang telah ditetapkan di masa yang akan datang.
b)   Transaksi selalu dilakukan melalui broker dengan telepon atau telex.
c)    Biasanya digunakan untuk memastikan harga di masa yang akan dating.

Beberapa Keuntungan dalam Penggunaan Kontrak Forward
a)      Adanya keluwesan yang dimiliki oleh kontrak tersebut, yaitu dengan mengijinkan pembeli untuk mendapatkan valuta asing pada setiap hari selama beberapa hari sebelum periode kontrak.
b)      Kontrak forward dengan bank dapat dibuat untuk setiap jumlah yang diinginkan sedangkan untuk kontrak future dan opsi valuta, jumlah nilai kontral dan tanggal jatuh tempo telah terstandarisasi, tidak fleksibel seperti kontrak forward.
c)      Kontrak forward memiliki jangka waktu kontrak maksimum yang relative panjang.
d)     Pasar forward tidak terdapat aturan formal dan universal untuk melakukan penyesuaian terhada simpanan karena fuktuasi kurs spot mendatang diharapkan dan nilai kontrak forward.

Karakteristik Kontrak Forward
Adapun karakteristik dari forward contract antara lain:
a)    Tidak perlu transfer tunai pada awal transaksi. Transfer tunai hanya saat jatuh tempo.
b)   Terdapat risiko kredit.
c)    Kontrak sesuai dengan kebutuhan dua pihak, digunakan khusus untuk lindung nilai.
d)   Kontrak yang tersedia diperjual belikan adalah untuk sekuritas utang jangka pendek (paling lama satu tahun).

Jenis-jenis Kontrak Forward
a) Currency Forward Contract
Dalam currency forward contract, maka suatu pihak wajib untuk membeli atau menjual mata uang tertentu dengan nilai tukar tertentu, dalam jumlah tertentu, di tanggal yang sudah ditentukan di masa depan.
Currency forward contract banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengelola risiko valuta asing. Biasanya, perusahaan multinasional yang menggunakannya, karena mereka beroperasi pada lebih dari satu negara, sehingga terekspos terhadap risiko valas. Namun, perusahaan lokal juga kadang memanfaatkannya untuk melakukan hedging terhadap transaksi dalam mata uang asing.
Dalam currency forward contract, maka suatu pihak wajib untuk membeli atau menjual mata uang tertentu dengan nilai tukar tertentu, dalam jumlah tertentu, di tanggal yang sudah ditentukan di masa depan. Kontrak ini terjadi secara over-the-counter dan dapat di-customized sesuai dengan kebutuhan.
Misalnya, perusahaan A (AS) punya piutang dari perusahaan B di Jepang sebesar 5 juta yen dalam waktu 2 bulan mendatang. Tentunya ia tidak ingin nilai tukar yen merosot terhadap dollar, karena jika demikian maka piutang yang diperolehnya jadi lebih rendah. Misalnya rate yang digunakan dalam kontrak adalah sebesar 90 yen per dollar, maka perusahaan A memperoleh kepastian untuk memperoleh cash flow sebesar 5 juta/90 yen = $55,555 di masa depan. Jika di masa depan ternyata yen merosot jadi 100 yen per dollar, maka perusahaan A tetap dapat menukar 5 juta yen yang diperolehnya dengan rate 90 yen per dollar.

b) Equity Forward Contract
Dalam equity forward contract, maka suatu pihak wajib membeli atau menjual instrumen ekuitas ataupun indeks saham pada waktu tertentu di masa depan. Jenis kontraknya bisa saham tertentu, portfolio maupun indeks.
Contoh dari equity forward contract ini adalah program share buyback yang sering terjadi di pasar modal. Pada program ini, satu pihak berjanji untuk membeli kembali saham tertentu dengan jumlah tertentu, pada harga tertentu di masa depan. Positifnya, ini mengantisipasi kenaikan harga di masa depan, dan memberikan kepastian mengenai  arus  kas. Namun, jika harga merosot maka karena terikat kontrak pihak tersebut mungkin akan terpaksa membeli di atas harga pasar.

c) Commodity Forward Contract
Commodity forward contract adalah kontrak dengan underlying asset berupa komoditas seperti minyak, emas, jagung, dan lainnya. Kontrak ini memungkinkan suatu pihak untuk membeli atau menjual komoditas dengan harga tertentu di masa depan. Jadi, kontrak ini mengantisipasi terjadinya perubahan harga di masa depan. Untuk produsen, kontrak ini bermanfaat dalam mengurangi risiko jika harga komoditas menguat dimasa depan.

d) Bond Forward Contract
Bond forward contract hampir serupa dengan equity forward contract, hanya saja obligasi punya jatuh tempo, sehingga kontrak forward pasti kadaluarsanya sebelum tanggal jatuh tempo. Obligasi yang umum dijadikan bond forward adalah T-bills yang dikeluarkan Depkeu AS.
Pada kontrak ini, satu pihak sepakat untuk membeli T-bills pada harga yang telah dipatok saat ini, pada masa depan, sebelum tanggal jatuh tempo T-bills tersebut.

e) Interest Rate Forward Contract
Interest Rate Forward contract disebut juga dengan Forward Rate Agreement (FRA) dimana underlying assets berupa pembayaran bunga dalam mata uang tertentu. Jadi, dalam FRA ini merupakan kesepakatan untuk meminjamkan atau meminjam dana tertentu secara fixed rate.

 Mekasnisme Kontrak Forward



Kontrak forward adalah perjanjian yang dinegosiasikan secara langsung antara dua pihak dalam pasar OTC (yaitu, nonexchange yang diperdagangkan). Satu peserta tipikal dalam kontrak forward adalah bank komersial atau investasi yang melayani peran pembuat pasar yang dihubungi langsung oleh pelanggan (meskipun pelanggan dapat membuat perjanjian secara langsung satu sama yang lain).





Daftar Pustaka

http://memebali.blogspot.co.id/2013/05/pasar-modal-dan-manajemen-keuangan.htmlhttp://documents.tips/documents/pengertian-kontrak-serah.htm
 


3 komentar:

  1. It was a wonderful article with proper explanation.Thank you for sharing among reader like us.
    Also check out..
    forward contract and future contract

    BalasHapus
  2. Wonderful article with proper explanation.

    Thanks for sharing this article!

    Read more about forward contract

    BalasHapus
  3. Penarikan paling Tercepat di DetikTrade

    Kamu bisa Trading dengan minimal Deposit Rp. 50.000 mengunakan bank lokal

    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

    Kelebihan bertransaksi di DetikTrade

    1. DetikTrade memberikan Bonus Deposit awal 10%** T&C Applied

    2. Minimal Deposit Rp. 50.000,- menggunakan Bank lokal

    3. Teregulasi di FCA UK

    4. Perusahaan berdiri sejak 2017 telah mengalami perubahan platform lengkap dengan fitur2 analis dan teknikal trading

    5. Deposit dapat dilakukan menggunakan BANK LOKAL BCA, BNI, BRI dan Mandiri

    6. Anda juga dapat uang tambahan dari Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

    Segera bergabung dan rasakan pengalaman trading yang light, kunjungi website kami

    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui www.detiktrade.com

    WA : 087752543745

    BalasHapus